6 Tips Mobil Ditinggal Lama, Mesin Tetap dalam Kondisi Baik

0 Comment

Link

Tips mobil ditinggal lama sangat membantu sekali, terutama bagi kamu yang ingin bepergian jauh selama berminggu-minggu. Kondisi mobil tentunya harus terjaga dengan baik, agar setelah bepergian tetap bisa digunakan.

Ada sejumlah cara untuk merawat mobil ketika kamu ingin meninggalkannya dalam waktu lama. Ini bisa membantu mesin dalam keadaan prima meski tidak digunakan selama berhari-hari.

Penting sekali bagi kamu untuk mengetahui tips mobil ditinggal lama ini. Sehingga bisa menghindari kondisi mesin yang mulai menurun, atau bisa merusak bagian lainnya karena tidak kamu gunakan.

Tips Mobil Ditinggal Lama

Ketika mobil akan ditinggalkan dalam waktu cukup lama, misalnya karena mudik, atau kegiatan lainnya sangat perlu perawatan khusus. Sejumlah tips ini juga membantu mobil tetap dalam keadaaan aman saat kembali ke rumah. Dan berikut sejumlah tips mobil meski kamu tinggal berlama-lama;

1. Tidak Menggunakan Rem Parkir

Tips mobil ditinggal lama yang pertama dapat kamu terapkan jangan mengaktifkan rem parkir atau rem tangan. Hal ini bertujuan untuk menghindari bantalan rem tersangkut pada cakram, karen jika terjadi maka kamu bisa merasa repot saat ingin mengendarainya.

Maka untuk mengakali atau cara amannya, kamu bisa menggunakan kunci roda saja atau bisa mengganjal ban dengan sesuatu yang tidak bergerak seperti batu. Namun dalam hal ini, pastikan kamu melakukannya secara benar.

2. Parkirkan di Garasi Rumah

Selanjutnya pastikan kamu juga memarkirkannya pada garasi rumah, karena bisa menjaga kebersihan mobil dan menjaganya tetap aman. Tapi jika kamu tidak memiliki garasi, dan terpaksa memarkirkannya di luar, pastikan untuk selimuti mobil tersebut dengan sarung.

Pastikan kamu juga memilih sarung mobil yang memang ukurannya pas dengan mobil, sehingga bisa menutupi seluruh bagian mobil. Tapi jika mobil kamu parkirkan pada tempat dengan atap tertutup tidak perlu pakai sarung agar tidak mudah lembab.

Baca Juga :   Pemula Wajib Tahu! Ini Tips Memindahkan Gigi Mobil Matic di Tanjakan

3. Perhatikan Busi

Tips mobil ditinggal lama selanjutnya perhatikan bagian busi. Kamu harus mencopot busi mobil serta menyemprotkan sedikit oli pada soket sebelum nantinya dipasang kembali ketika selesai bepergian.

Cara tersebut bisa mencegah kepala silinder berkarat serta membantu kondisinya terus dalam keadaan lembab. Atau kamu bisa menggunakan aditif untuk melindungi bagian dalam mesin.

Selain itu pastikan kamu juga melakukan pengecekan pada aki mobil. Pastikan aki dalam keadaan prima ketika kamu tinggalkan. Untuk kamu pemilik mobil matic kamu tidak perlu melepas aki jika perjalanan hanya satu minggu.

4. Bersihkan Mobilnya

Tips mobil ditinggal lama lainnya bersihkan mobil, kita sering tidak ambil pusing untuk membersihkan bagian interior ketika ingin bepergian lama. Padahal kebersihan harus dilakukan agar tidak muncul bau tak sedap, lembab serta timbul kotoran lainnya.

Selain itu, dengan melakukan pembersihan bagian interior tersebut akan membantu sekali mencegah tumbuhnya bakteri pada jok, karpet mobil, bahkan bagian kabelnya. Dan untuk menjaga tetap wangi bisa tambahkan pengharum ruangan.

5. Gunakan Dongkrak

Apabila jika ingin bepergian dalam jangka waktu lama sekali, kamu harus menggunakan dongkrak ketika memarkirkan mobil. Karena ban mobil bisa cepat kempes jika terlalu lama menempel pada permukaan tertentu.

Untuk menghindarinya, pastikan kamu menggunakan empat dongkrak pada setiap roda untuk menjaga dan menghindari ban kempes.

6. Isi Bensin, Ganti Oli dan Cek Ban

Terakhir pastikan kamu mengisi bbm atau bensin sampai penuh, ini bantu mencegah tangji bahan bakar cepat berkarat. Kemudian juga pastikan untuk ganti pelumas mesin, filter terlebih dahulu sebelum pergi. Dan terakhir pastikan tekanan ban dalam keadaan baik.

Sejumlah tips mobil ditinggal lama ini sangat membantu menjaga kondisi mobil dalam keadaan prima.

Baca Juga :   Cara Mengganti Oli Motor Sendiri di Rumah, Sangat Mudah dan Praktis Tak Perlu Lagi ke Bengkel

Share:

Related Post

Tinggalkan komentar