4 Tips Memilih Motor Listrik Sebelum Membelinya yang Patut Diketahui, Nomor 2 Penting Diperhatikan!

0 Comment

Link

Setelah isu BBM akan langka dan harganya meroket, kini motor listrik semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Terlebih isu pemanasan global yang santer terdengar di berbagai belahan dunia, tak heran motor dengan tenaga listrik ini kian diminati agar turut menjaga lingkungan.

Motor dengan tenaga listrik ini sudah digunakan di negara-negara maju dan secara perlahan akan diterapkan di Indonesia. Selain itu tidak sedikit masyarakat Indonesia mulai tertarik bahkan sudah membelinya. Namun tidak sedikit yang belum tahu bagaimana cara memilihnya, berikut ini tips membeli motor listrik yang patut diketahui.

Tips Memilih Motor Listrik Sebelum Membelinya yang Patut Diketahui

Sebelum membeli motor listrik, alangkah baiknya untuk mengetahui tips-tips apa saja yang perlu diperhatikan. Hal tersebut bertujuan agar motor bisa digunakan dalam jangka panjang.

Selain itu agar perawatannya pun bisa sesuai, sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Penasaran apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli motor listrik, berikut ini tipsnya.

1. Perhatikan Kapasitas Charging Motor dan Daya Listrik Dalam Rumah

Sebelum membeli motor listrik, pastikan kamu memperhatikan daya listrik dalam rumah. Daya listrik minimal bagi yang ingin membeli motor dengan tenaga listrik adalah 900 VA atau 900 watt.

Jika daya listrik kurang dari besaran tersebut, sebaiknya berpikir ulang untuk membeli motor listrik atau kamu juga bisa menambah daya listrik terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan agar saat mencharger motor, listrik di rumah tidak mati.

Selain itu penting juga memperhatikan kapasitas charging motor. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencharger, terlebih jika motor mempunyai fitur battery swap agar lebih mudah saat menggunakan motor.

2. Cek Kemampuan Jarak Tempuh Motor

Tips yang kedua sebelum membeli motor listrik adalah mengecek terlebih dahulu kemampuan jarak tempuh dan kemampuan motor. Hal ini penting diperhatikan untuk mengukur kemampuan motor untuk sampai ke tempat tujuan dan saat proses mencharger.

Baca Juga :   Pemula Wajib Tahu! Ini Tips Memindahkan Gigi Mobil Matic di Tanjakan

Pasalnya meski alat transportasi ini mulai dianjurkan, namun belum banyak tempat pengisian baterai. Sehingga sangat penting mengetahui kemampuan jarak tempuh motor agar saat digunakan tidak mogok atau kehabisan baterai.

3. Perhatikan Fitur yang Ditawarkan Motor Listrik

Seperti yang diketahui setiap barang mempunyai fitur menarik yang ditawarkan, termasuk pada merk motor listrik. Sebelum membeli, cari info terlebih dahulu mengenai fitur apa saja yang ditawarkan dari motor tersebut.

Selain itu kamu juga bisa bertanya langsung pada dealer mengenai fitur-fitur serta kelebihan motor listrik yang akan dibeli. Pastikan motor yang akan dibeli mempunyai fitur yang sesuai dengan kebutuhanmu saat berkendara.

Kamu juga bisa membandingkan beberapa pilihan motor untuk mendapatkan fitur menarik dan tentunya yang lebih bagus. Sehingga saat motor digunakan untuk aktivitas sehari-hari lebih nyaman dan aman.

4. Beli Motor Listrik Sesuai dengan Budget yang Dimiliki

Tips terakhir yang sangat penting adalah pastikan membeli motor listrik sesuai dengan budget yang dimiliki. Hal tersebut bertujuan agar kamu tidak mempunyai cicilan yang bisa memberatkan setiap bulannya.

Jika ingin membeli motor dengan cara kredit, pastikan cicilan bulanannya sesuai dengan kemampuanmu. Hal tersebut bertujuan agar motor listrik bisa lunas tanpa menunggak dan tidak memberatkan cicilan per bulannya.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan atau coba sebelum membeli motor listrik. Dengan mencoba tips di atas, kamu bisa membeli motor sesuai dengan impian dan kebutuhan.

Baca Juga :   5 Tips Motoran Jarak Jauh yang Patut Diketahui Agar Perjalanan Nyaman dan Aman

Share:

Related Post

Tinggalkan komentar

five × 1 =