Cara Mudah Membuat QR Code Sendiri

penulis

0 Comment

Link

Kode QR atau yang sering disebut dengan QR Code merupakan teknologi evolusi dari barcode atau yang sering disebut dengan kode batang. Pada awalnya, kode batang sendiri mengusung satu dimensi, sedangkan QR Code mengusung dua dimensi.

Pada zaman sekarang, masyarakat Indonesia juga sudah banyak yang menggunakan QR Code untuk kebutuhan transaksi, registrasi dan juga bisnis. Saat ini anda dapat dengan mudah menciptakan kode QR sendiri. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas bagaimana cara membuat kode QR sendiri.

Membuat QR Code Secara Online

Cara Mudah Membuat QR Code Sendiri

QR Code Generator dapat dikatakan sebagai sebuah teknologi yang menyediakan jasa untuk membuat kode QR milik anda sendiri. Salah satu situs yang populer untuk membuat kode QR yakni GOQR.me. berikut ini merupakan langkah-langkah membuat kode QR pada situs GOQR.me:

Memilih tipe QR Code

Langkah pertama yakni silahkan anda masuk ke website resmi GOQR.me, selanjutnya memilih tipe kode QR yang akan anda buat. Terdapat sembilan tipe kode QR, beberapa di antaranya yakni text, kontak, SMS, telepon, lokasi dan juga website/url. Di sini kami menyarankan anda untuk menggunakan tipe url.

Memasukkan link

Anda hanya cukup mengcopy paste link yang akan di buat kode QR. Maka secara cepat situs akan membuatkan anda kode QR sesuai dengan link yang anda salin.

Mencoba kode QR yang sudah anda buat

Selanjutnya, silahkan coba QR Code yang telah anda buat. Anda dapat mencoba scan barcode di live preview yang muncul di sebelah kanan layar.

Mengunduh kode QR

Jika kode QR yang anda buat telah berhasil, maka langkah selanjutnya anda tinggal mengunduh kode QR. Tekan tombol “Download” atau “Unduh” tepat di bawah kode QR. Setelah mengklik “Download” maka akan muncul beberapa opsi.

Baca Juga :   Tools Terbaik Untuk Membantu Kita Membuat Diagram Design

Di kotak dialog, anda dapat mengubah warna dan juga ukuran kode QR. Setelah anda merasa kode QR anda sudah sesuai, maka  silahkan klik salah satu pilihan dari “Download QR Code as”. Terdapat beberapa opsi untuk mengunduh kode QR yang sudah anda buat.

Anda dapat memilih beberapa format, seperti format JPEG, SVG, EPS dan PNG. Anda bisa mengklik format yang anda inginkan.

Membuat Kode QR Melalui Smartphone Android

Terdapat cara lain untuk membuat kode QR secara mudah. Jika anda telah mengunjungi Google Play Store, maka anda akan menemukan aplikasi yang dinamakan dengan QR Code Generator. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis, tapi akan memunculkan beberapa iklan selama anda gunakan. Berikut ini merupakan beberapa langkah mudah untuk membuat kode QR menggunakan smartphone android:

Memilih tipe kode QR

Langkah pertama yakni anda harus masuk ke dalam aplikasi QR Code Generator. Tap pada opsi “url”. Anda akan ditampilkan dengan beragam tipe dan jenis untuk membuat kode QR.

Generator QR Code

Selanjutnya anda dapat memasukkan link yang ingin anda buatkan kode QR. Lalu anda dapat mengklik tombol simpan pada bagian kanan atas. Setelah itu, secara otomatis kode QR yang anda buat akan muncul dan dapat langsung anda simpan dengan memilih opsi save.

Nah itulah beberapa cara mudah membuat kode QR sendiri dengan mudah dan cepat. Anda tidak perlu repot meng-copy link, anda hanya membuat kode QR dan selanjutnya anda dapat membagikan kode QR yang sudah anda buat kepada orang lain. Semoga informasi ini dapat memudahkan anda dalam membuat kode QR.

Baca Juga :   Rekomendasi Kamera Smartphone Terbaik Tahun 2024

Tags:

Share:

Related Post

Tinggalkan komentar