Pemula Wajib Tahu! Ini Tips Memindahkan Gigi Mobil Matic di Tanjakan

0 Comment

Link

Bagi para pemula yang baru saja bisa mengendarai mobil, melewati tanjakan menjadi tantangan tersendiri sehingga kamu harus tahu apa saja tips memindahkan gigi mobil matic.

Tidak mudah untuk melakukannya, membutuhkan latihan dan terdapat sejumlah hal yang perlu kamu perhatikan selama melewati tanjakan. Mobil matic sendiri banyak digunakan karena terasa lebih nyaman dan mudah untuk digunakan.

Namun bagi pemula tidak semudah itu termasuk ketika memindahkan gigi mobil. Hal ini dibutuhkan saat kamu melewati tanjakan, dan sejumlah tips memindahkan gigi mobil matic berikut bisa membantumu.

Tips Memindahkan Gigi Mobil Matic

Ketika menggunakan mobil manual, pengemudi harus menyeimbangkan gas dan kopling agar bisa melewati tanjakan. Namun berbeda dengan mobil matic, tidak sesulit itu bahkan cenderung lebih sederhana.

Meski cukup mudah, pengendara tetap harus memahami berbagai kode yang ada pada tuas transmisi matic. Seperti; P-R-N-D-3-2-L, dengan memahami bagian tuas tersebut ini akan memudahkan kamu memindahkan gigi baik pada jalan raya atau tanjakan sekalipun.

Nah, untuk tips memindahkan gigi mobil matic secara lengkap, simak pembahasan di bawah ini, ya.

1. Pindahkan Posisi Tuas

Ketika akan melewati jalanan yang menanjak, tentunya kita membutuhkan kekuatan torsi lebih tinggi. Jika kamu tidak mendapatkan momen yang pas atau belum ancang-ancang maka kemungkinan bisa kehilangan daya.

Dimana pada kondisi ini mobil kehilangan tenaga untuk bisa menanjak. Jadi pastikan kamu memindahkan posisi tuas dari Persneling D, transmisi tersebut akan membuat mesin berputar secara otomatis.

Sehingga sistem bisa membaca torsi mobil sudah maksimal, jadi saat ingin menanjak pastika kamu memindahkan dari D ke transmisi L atau D1 ketika melewati tanjakan curam. Atau bisa juga menggunakan D2 untuk tanjakan tidak tajam.

Baca Juga :   6 Tips Mobil Ditinggal Lama, Mesin Tetap dalam Kondisi Baik

2. Injak Pedal Gas

Tips memindahkan gigi mobil matic harus kamu perhatikan dengan menginjak gas. Perlu kamu ketahui sama dengan transmisi gigi D, menginjak gas tanpa adanya persiapan justru membuat mobil kehilangan tenaga.

Maka dari itu ketika ingin melewati tanjakan kamu bisa melakukan kick down atua injak pedal gas secara dalam. Meski begitu, untuk menghindari situasi tersebut, pastikan kamu untuk menyesuaikan perpindahan gigi dengan kondisi kemiringan jalan.

3. Posisi Transmisi dan Kondisi Jalan

Selain dua tips memindahkan gigi mobil matic sebelumnya, langkah lainnya yang harus kamu perhatikan yakni dengan menyesuaikan posisi transmisi dengan kondisi jalanan. torsi D1 mobil matic sama dengan gigi 1 pada mobil manual.

Nah, untuk tanjakan yang terlihat curam kamu bisa menggunakan transmisi D1. Tapi jika torsi ini sudah tidak ada pada mobil kamu, bisa pindahkan saja ke D2 sebagai penggantinya. Dengan memperhatikan bagian tersebut tanjakan dapat terlewati.

4. Injak Rem Saat Pindahkan Tuas

Selanjutnya, ketika kamu ingin memindahkan tuas pastikan kaki juga menginjak rem. Kamu juga hanya perlu melepaskan pedal gas sehingga bisa langsung memindahkan tuas ke posisi gigi yang kamu inginkan.

Perlu kamu ingat juga, ketika memindahkannya harus tetap bertahap. Jika tuas pada toris D, kamu bisa pindahkan ke D1 atau L. Kemudian injak pedal gas kembali ketika sudah memindahkan transmisinya.

Sedangkan rem dapat kamu gunakan ketika dalam keadaan ingin berhenti atau kondisi macet. Jika sudah terjebak macet bisa pindahkan tuas ke posisi gigi netral, atau bisa tarik rem tangan jika memang perlu.

Pastikan kamu mengikuti sejumlah tips memindahkan gigi mobil matic di atas, agar bisa melewati tanjakan dengan baik.

Baca Juga :   4 Tips Memilih Motor Listrik Sebelum Membelinya yang Patut Diketahui, Nomor 2 Penting Diperhatikan!

Share:

Related Post

Tinggalkan komentar